ANALISIS SISTEM CERDAS PADA GAME MENARA HANOI

Artikel terkait : ANALISIS SISTEM CERDAS PADA GAME MENARA HANOI

Game Menara Hanoi
Menara Hanoi adalah sebuah permainan matematis atau teka-teki. Permainan ini terdiri dari tiga tiang dan sejumlah piringan dengan ukuran berbeda-beda yang bisa dimasukkan ke tiang mana saja. Permainan dimulai dengan piringan-piringan yang tertumpuk rapi berurutan berdasarkan ukurannya dalam salah satu tiang, piringan terkecil diletakkan teratas, sehingga membentuk kerucut.
Tujuan dari teka-teki ini adalah untuk memindahkan seluruh tumpukan ke tiang yang lain, mengikuti aturan berikut:
  •  Hanya satu piringan yang boleh dipindahkan dalam satu waktu.
  •  Setiap perpindahan berupa pengambilan piringan teratas dari satu tiang dan  memasukkannya  ke tiang lain, di atas piringan lain yang mungkin sudah ada di tiang  tersebut.
  •  Tidak boleh meletakkan piringan di atas piringan lain yang lebih kecil.

Aturan Permainan
Permasalahan pada permainan Menara Hanoi ini adalah bagaimana cara memindahkan semua piringan dari menara asal ke menara tujuan dengan bantuan satu menara bantu yaitu menara sementara.
Adapun aturan-aturan permainannya, sebagai berikut :
  1. Setiap kali memindah cakram hanya diperbolehkan mengangkat satu cakram.
  2. Setiap cakram yang lebih besar tidak boleh diletakkan di atas cakram yang lebih kecil.
  3. Piringan yang lebih besar ditempatkan di bawah piringan yang lebih kecil.


Permainan Menara Hanoi yang akan di bahas kali ini menggunakan 3 menara dan 4 piringan. Dimana ukuran piringan tersebut berbeda satu sama lain. Semua piringan berada pada menara asal dengan susunan secara berurutan, yang terbesar berada pada posisi paling bawah dan yang terkecil pada posisi paling atas seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
ANALISIS SISTEM CERDAS PADA GAME MENARA HANOI

Bila didefinisikan menara A sebagai menara asal, menara C sebagai menara tujuan dan menara B sebagai menara sementara, dengan 4 jumlah piringan yang masing-masing didefinisikan sebagai N1, N2 dan N3 dimana ukuran N4 > N3> N2> N1. Menara A berisi  4 piringan dengan susunan N4, N3, N2, N1 dari bawah ke atas. Sedangkan menara C dan B dalam kondisi tidak ada piringan (kosong).

 

Dengan metode Pencarian mendalam Pertama DFS (Depth First Search) Pencarian buta, proses pemecahan masalah pada permainan Menara Hanoi dapat disimpulkan sebagai berikut:
  • Metode DFS mampu menyelesaikan masalah pada permainan Menara Hanoi.
  • Sesuai dengan kelebihan pada metode DFS, telah terbukti bahwa pemecahan permasalahan permainan Menara Hanoi dapat diselesaikan dengan beberapa solusi. Dimana solusi dari permasalahan tersebut yang terbaik adalah solusi yang paling cepat ditemukan dimana letak solusi yang dicari berada pada level yang dalam dan paling kiri.
  • Untuk N buah piringan diperlukan pemindahan sebanyak 2n – 1 kali. Ternyata dengan menggunakan metode DFS  terbukti pula untuk 3 buah piringan dapat diselesaikan dengan 2 – 1 langkah = 7 langkah.

 

Algoritma :
  • ·   Jika keadaan awal merupakan tujuan,  keluar (sukses)
  • ·   Jika tidak, kerjakan langkah-langkah berikut ini sampai tercapai keadaan  sukses  atau gagal : 

FLOW CHART ALGORITMA ANALISIS SISTEM CERDAS PADA GAME MENARA HANOI            a.  Bangkitkan succesor E dari
                 keadaan awal. Jika tidak ada
                 succesor, maka akan terjadi
                 kegagalan.
            b. Panggil DFS dengan E sebagai
                 keadaan awal
            c. Jika sukses berikan tanda sukses.
                Namun jika tidak, ulangi langkah 2





Keuntungan :

  •   Membutuhkan memori  relatif kecil, karena hanya node-node pada lintasan yang aktif  saja yang disimpan
  •   Secara kebetulan, akan menemukan  solusi tanpa harus menguji lebih banyak lagi dalam  ruang keadaan 


Kelemahan : 

  •     Memungkinkan tidak tujuan yang diharapkan 
  •     Hanya mendapat 1 solusi pada setiap pencarian  

     Kalau Anda Penasara Dengan Permainan game nya seperti apa, setelah tahu bagaimana kunci menyelesaikan permainan tersebut , :D 

Link Medifire

Silahkan download Game Menara Hanoi
     

Tugas Kuliah Kecerdasan Buatan

Nama : Agung Isnandar
NIM   : 11.11.2529
Jurusan : Teknik Informatika




Artikel MULUNG ILMU Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar,komentar Anda sangat membantu dalam membangun Blog ini.
Terimakasih ... ^_^

Copyright © 2010-2017 MULUNG ILMU | Design by Blogger