Pengalaman Perpanjang Pajak Kendaraan Online Purwokerto Lebih Cepat

Artikel terkait : Pengalaman Perpanjang Pajak Kendaraan Online Purwokerto Lebih Cepat

Salah satu kewajiban sebagai warga negara indonesia yang baik dan taat aturan adalah bayar pajak, entah pajak apapun itu, pajak tanah kah, pajak bangunan kah, dan lain-lainnya tentu kita sebagai masyarakat yang sadar dan taat hukum wajib yang namanya bayar pajak, salah satunya yang akan saya ceritakan adalah bayar pajak kendaraan bermotor.

Singkat cerita kendaraan yang saya gunakan tiap harinya yaitu sepeda motor Yamaha Jupiter MX tahun 2009 sudah waktunya bayar pajak tepat bulan maret 2016 kemarin. Pengalaman-pengalaman sebelumnya sih untuk urusan bayar pajak kendaraan, saya biasanya langsung ke kantor cabang pembantu untuk SAMSAT, berhubung saya berlokasi di purwokerto Jawa Tengah. Untuk SAMSAT Pusat memang lokasinya di purwokerto, karena rumah saya yang lumayan jauh ke pusat SAMSAT di purwokerto saya mengambil opsi untuk membayar pajak di kantor SAMSAT cabang pembantu di Wangon, masih satu kabupaten di Banyumas, jaraknya pun tidak terlalu jauh seiktar 16 KM dari rumah. Pada tahun-tahun sebelumnya selalu bayar pajak lewat jalur konvensional yaitu kantor cabang yang harus rela antri berjam-jam, berdesak-desakan, panas, ditambah harus fotocopy ini itu dan beli map di fotocopuan sebelah kantornya, sampai sampai naruh berkas di tinggal makan mie ayam + minum es teh manis untuk nunggu giliran dipanggil, ternyata sampai selesai balik ke antrian, antriannya masih panjang.. -_-
Dengan susah payah pada akhirnya untuk bayar pajak kendaraan tahunan si MX kelar juga, cuma butuh waktu yang lama dan ribet bin ribut sana sini.

Dengar kabar-kabar untuk perpanjang PAJAK KENDARAAN yang dapat dilihat di STNK Kendaraan untuk pajak tahunan, sekarang pemerintah membuatkan fasilitas "bayar pajak online", Wow ini yang di tunggu-tunggu sekarang jamannya internet bro sis, akhirnya pemerintah sadar juga dengan adanya internet kan bayar apa-apa jadi lebih cepat karena sistem sudah online dan dapat diakses oleh seluruh kantor cabang di tiap kota/kabupaten. 

Pengalaman Perpanjang Pajak Kendaraan Online Purwokerto Lebih CepatNah di mulai dari sinilah pengalaman baru yang saya dapatkan untuk bayar pajak kendaraan bermotor secara online dan ini baru ada di kota/kantor cabang SAMSAT pusat dikota, tempat saya adanya dikota Purwokerto, untuk Cilacap juga sudah ada SAMSAT CEPAT//Online. Di STNK kendaraan saya tertulis untuk pajak berlaku sampai tanggal 13 Maret 2016, tepat tanggal 8 maret 2016 saya bergegas ke kantor cabang Puwokerto lokasinya di Jalan Prof. M Yamin No. 7, Purwokerto Selatan, Jawa Tengah, Indonesia, tepatnya di daerah purwokerto selatan arah terminal kiri jalan ada tulisan besar "SAMSAT".
Sebenarnya ada 2 tempat di purwokerto untuk pembayaran pajak kendaraan secara online

1. Jalan Prof. M Yamin No. 7, Purwokerto Selatan
2. Depan Kantor Satlantas Purwokerto sebelah SMA N 1 Purwokerto ada SAMSAT CEPAT DRIVE THRUE Online

Akhirnya saya sampai di kantor SAMSAT Purwokerto di Jalan Prof. M Yamin No. 7 dekat terminal. waktu itu saya berangkat siang ijin dari tempat kerja sekitar jam 11 lebih sedikit. sampai diparkiran kantor samsat sekitar pukul 11.55, dan apesnya baru turun dari motor diparkiran terdengar kumandang adzan penanda waktu dhuhur dan sebentar lagi jam 12 siang menunjukan waktu istirahat jam kantor. pas turun dari motor saya liat dari parkiran ada orang yang sedang bayar pajak kendaraan, ini orang terakhir kayaknya ini, langsung lari ke loket. eeeh ternyata loketnya langsung ditutup (Apes !!!) akhirnya nunggu sampai jam 1 siang (istirahat kantor samsat jam 12.00-13.00), sambil nunggu akhirnya ke mesjid deket kantor samsat untuk sholat dhuhur, setelah sholat sambil leyeh-leyeh di samping mesjid sampai jam 1 kurang seperempat...

Setelah istirahat sholat dan leyeh-leyeh langsung kembali ke kantor samsat, LANGSUNG ANTRI PERTAMA SENDIRI di depan loket pengumpulan berkas yang masih tutup -_- .
oh iya di samsat online ada 2 loket :
1. Loket tempat pengumpulan berkas (STNK, KTP Pemilik kendaraan, dan BPKB Kendaraan) dah cuma 3 itu tok yang dikumpulin dan gak perlu difotocopy lagi karena ini online, beda sama konvensional
2. Loket Pembayaran, untuk bayar pajak kendaraan tinggal geser satu langkah ke kiri dari loket pengumupulan berkas.

Daaaaan saya nunggu sebelum jam 1 sudah standby di depan loket pengumpulan berkas, ternyata sampai jam 13.15 loket belum dibuka juga (apeeeees 2x -_-). berhubung saya orangnya sabar..hehe karena katanya orang sabar disayang Tuhan :D.
dan sekitar pukul 13.25 dibuka loketnya terus geser ke kiri satu langkah untuk bayar, TERNYATA tidak sampai 5 menit STNK dengan surat pajak baru sudah jadi " Alhamdulillah" ^_^.

Kesimpulan :
Bayar pajak kendaraan bermotor secara online / samsat cepat ternyata sangat cepat tidak perlu menunggu waktu lama ini sangat membantu, tapi untuk sekarang bayar pajak online hanya berlaku untuk pajak 1 tahunan. Untuk yang 5 tahun masih tetap konvensional. 

Saran :
Saran dan masukkan bagi yang mau bayar pajak online kendaraan sebaiknya waktunya jangan nanggung kaya saya nanti malah bernasib sama .. haha.
usahakan berangkat pagi sekalian, kalau siang setelah istirahat juga was was nunggu agak lama karena di kantor samsat ada jam karetnya ( biasa indonesiah ).
saran buat kantor samsat sih sebaiknya lebih tepat waktu lagi jangan kebanyakan istirahat karena waktu istirahat sudah habis dan harus segara bekerja lagi untuk melayani masyarakat :) 

Artikel MULUNG ILMU Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar,komentar Anda sangat membantu dalam membangun Blog ini.
Terimakasih ... ^_^

Copyright © 2010-2017 MULUNG ILMU | Design by Blogger